Sebuah kesempatan yang tak terduga mendatangi kami hari ini, bisa mengobrol dengan Bu Yumiko, warga Jepang yang menjadi guru bahasa Indonesia di Tokyo, dan suami beliau Pak Horas, warga Indonesia yang sudah menetap di Tokyo sejak sekian puluh tahun lalu.

Banyak hal menarik yang saya dapat dari obrolan dengan mereka, salah satunya adalah meningkatnya antusiasme warga Jepang untuk belajar bahasa Indonesia.

Ibu Miko setiap semesternya mengajar kurang lebih 150 orang siswa untuk belajar bahasa Indonesia,ย baik mulai dari kalangan pelajar hingga eksekutif perusahaan yang akan bertugas di Indonesia.ย 

Selain mengajar, Ibu Miko juga sudah menulis banyak buku panduan belajar Bahasa Indonesia bagi warga Jepang. Hal ini juga yang menjadi momentum kami untuk bertemu, karena Ibu Miko ingin mengembangkan buku pembelajaran bahasa Indonesia di Taiwan.

Menurut Ibu Miko, seiring berkembangnya perekonomian Indonesia, antusiasme komunitas internasional untuk belajar bahasa Indonesia pun akan meningkat untuk tahun-tahun ke depan. Yeah, telepas dari berbagai permasalahan yang terjadi di dalam negeri, secara global performa perekonomian kita terus membaik.

Yeh, memang kalau kita ingin meningkatkan pengaruh budaya hingga bahasa Indonesia ke komunitas internasional, kita memang perlu terus meningkatkan kemampuan perekonimian kita.

Sudah siap dong untuk go global ๐Ÿ™‚

Advertisements