Hari ini, 6 April 2014, Young On Top (YOT) berulang usia yang kelima tahun. Sebagai bagian dari keluarga besar komunitas ini, kami ikut merasa bahagia dan terharu. Di usia yang menginjak lima tahun, YOT terus bergerak menebarkan inspirasi untuk anak-anak muda di Indonesia agar terus berprestasi dan mencapai sukses di usia muda.

Kami patut berterimakasih kepada Mas Billy Boen dan buku Young On Top. Buku kuning yang ditulis oleh Mas Billy ini telah menjadi buku panduan bagi kami para anak muda, untuk berprestasi dan bermakna bagi orang-orang disekitar kami. Buku ini pula yang mengumpulkan kami menjadi satu dan kemudian menghidupkan YOT Yogyakarta.

Ya, sejak akhir tahun 2012, ketika Young On Top terbentuk di Yogyakarta untuk pertama kalinya, buku kuning inilah yang mengumpulkan anak-anak muda Jogja ini untuk bertemu, berkumpul, dan kemudian merumuskan sesuatu yang belum pernah kami bayangkan sebelumnya.

Selanjutnya, dengan berpedoman pada buku kuning ini, kami membuat kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas anak muda di Jogja. Perlahan tapi pasti, kami terus berupaya untuk menebarkan nilai-nilai Young On Top ke lebih banyak lagi anak muda di kota ini.

Kami harus bersyukur, kontribusi kami di kota Jogja perlahan mulai terasa. Berbagai aktivitas kami mendapat sambutan positif dari stakeholder. Kegiatan kami diliput media cetak dan media elektronik di Jogja. Kami pun sering dilibatkan dalam berbagai aktivitas komunitas lain di Jogja. Dalam berbagai event komunitas di Jogja, YOT Yogyakarta selalu masuk dalam list komunitas yang dilibatkan. Beberapa bulan lalu, kami mendapat kehormatan sebagai “The Most Inspiring and Outstanding Community in Yogyakarta” dalam sebuah event komunitas. Sebuah pencapaian yang tidak pernah kami rencanakan dan bayangkan sebelumnya.

Kami bersyukur bisa bertemu dengan anak-anak muda yang punya semangat sama di seluruh Indonesia. Mereka anak-anak muda yang juga menghidupkan semangat Young On Top di daerahnya masing-masing. Kesempatan ini merupakan kesempatan yang berharga. Karena melalui interaksi inilah, kita menyadari bahwa masih banyak anak muda yang berprestasi dan mau berkontribusi untuk masyarakat, bangsa dan negaranya.

Tak lupa, kami juga bersyukur bisa bertemu bisa bertemu para mentor dan anak-anak muda inspiratif. Mulai dari Pak Mardi Wu, Mas Henry Pradipta, Mbak Bunga Mega, Jonathan CS, Palmira Vidya, Citra Natasya, Sirly Nasir, Andita Dhanasti dan para mentor serta Campus Ambassador YOT lainnya yang sudah bersedia mengunjungi dan berbagi dengan kawan-kawan di Jogja.

Mungkin, apa yang kami lakukan di kota kami masih belum  ada apa-apanya jika dibandingkan dengan apa-apa yang sudah dilakukan teman-teman lain di kota mereka masing-masing. Tapi kami berkomitmen untuk terus produktif dan menjadi bagian dari anak-anak muda yang membangun Indonesia.

Seperti yang Mas Billy Boen ungkapkan, semangat YOT adalah milik anak muda Indonesia. Karena itu, YOT akan terus berkontribusi untuk Indonesia. Kami ingin menjadi bagian dari cita-cita ini. Kami ingin menjadi pondasi  dari bangunan mimpi besar ini. Kami akan menjadi pondasi di kota kami. Semoga pondasi ini akan menguatkan dan memberi peran yang berarti.

Sebuah bangunan yang besar, selalu memiliki pondasi kecil yang menyokong di bawahnya. YOT Yogyakarta adalah salah satu pondasi kecil itu. Oleh karenannya, kami akan terus mendo’akan. Kami pun akan terus menguatkan. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi di kota pelajar ini. Kami akan terus menebarkan nilai-nilai YOT di salah satu kota penting di Indonesia ini

Young On Top, teruslah berkontribusi untuk Indonesia, teruslah menginspirasi lebih banyak lagi anak muda Indonesia, dan teruslah bergerak untuk mencapai misi YOT : to create a stronger next generation of Indonesia.

Selamat berulang usia Young On Top. Do’a kami bersamamu.

Dari YOT Jogja untuk Indonesia.

Program Director

Advertisements